Anggota Dewan yang Sudah Purna Tugas Mendapat Dana Pengabdian 541juta


Setelah selesai sengketa hasil pemilu selesai dan tidak ada tahapan yang di laksanakan di luar jadwal. Maka daftar nama caleg terpilih di ajukan ke Gubernur Jawa Tengah untuk mendapatkan persetujuan pelantikan.

Nuril Huda Selaku ketua KPU Kabupaten Sukoharjo menerangkan bahwa penetapan caleg sempat tertunda karena KPU Sukoharjo belum Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) dari MK.

Setelah sengketa pileg Jawa Tengah di tetapkan tanggal 7 Agustus Kemarin. Jadwal pelantikan juga sudah di sesuaikan yakni tanggal 9September mengingat DPRD periode sebelumnya berakhir pada tanggal 8 dan bertepatan dengan hari libur.

Jadwal tersebut juga sudah di kirimkan ke Gubernur melalui persetujuan Bupati.

Sementara Basuki Busi Santosa selaku Plt Sekretaris Kabupaten Sukoharjo menerangkan bahwa pelantikan akan di lakukan di gedung DPRD yang baru.

Seluruh kebutuhan seperti seragam pelantikan, pin dan atribut nama sudah di distribusikan dengan total anggaran Rp123 juta.

Kemudian mengenai anggota dewan yang sudah purna tugas, pemerintah daerah susah menyiapkan dana pengabdian.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 18 tahun 2017 mengenai hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota Dewan, anggaran yang disiapkan dalam APBD 2019 mencapai Rp581 juta.

Tunjangan jasa pengabdian ini juga disesuaikan dengan masa kerja dari masing masing anggota, besaran juga menyesuaikan jabatan.